Alamat Bengkel Mobil Terdekat di Kepulauan Sangihe

Diposting pada

Naiandianji, Bengkel Mobil di Kepulauan Sangihe – Masa ini usaha bengkel umum sudah semakin cepat berkembang dengan maraknya kepemilikan kendaraan pribadi di berbagai kota besar Indonesia. Banyak bengkel menyajikan bermacam fasilitas pelayanan bagus salah satunya Bengkel Mobil Kepulauan Sangihe.

Bengkel Mobil Kepulauan Sangihe siap menjadi rekan bagi pemakai mobil disebabkan memang salah satunya perusahaan otomotif yang fokus bergerak di bidang pemeliharaan transportasi roda empat.

Bengkel mobil sendiri sebetulnya merupakan bengkel umum yang menawarkan bermacam pelayanan service transportasi. Mulai dari tune up, engine/ecu scanner, flushing oli mobil matic atau manual, service AC, Accu, Ban, Spooring, Balancing, Filter Oli, Filter Udara, dan service lainnya yang memberikan kemudahan akses bagi orang-orang.

Berikut daftar alamat bengkel mobil Kepulauan Sangihe terbaik:

Alamat Bengkel Mobil di Kepulauan Sangihe

Bengkel RENGAS TAHUNA

Alamat: JG34+WWF, Tona I, Tahuna Tim., Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara
Jam Buka/Tutup : pukul 09.00
Provinsi: Sulawesi Utara
Alamat Google Map :  Bengkel RENGAS TAHUNA

Canser Bengkel

Alamat: Jl. Nustar, Sawang Bendar, Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara
Provinsi: Sulawesi Utara
Alamat Google Map :  Canser Bengkel

Deny Bengkel

Alamat: JFCG+HMM, Manente, Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara
Provinsi: Sulawesi Utara
Alamat Google Map : Deny Bengkel

BENGKEL GALILEA

Alamat: MGFJ+W6J, Kalurae, Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara
Jam Buka/Tutup : pukul 08.00
Telepon: –
Provinsi: Sulawesi Utara
Alamat Google Map : BENGKEL GALILEA

bengkel Putra Tamako dan Axel Riahi Collection

Alamat: FG45+C3X, Pokol, Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara
Telepon: –
Provinsi: Sulawesi Utara
Alamat Google Map :  bengkel Putra Tamako dan Axel Riahi Collection

TIPS MENENTUKAN BENGKEL MOBIL di Kepulauan Sangihe

Banyak oknum nakal yang tidak bertanggung jawab berpotensi “mengerjai”, jadi anda harus memperhatikan berbagai poin penting ini agar terhindar darinya. Misalnya, Ada part yang dikatakan harus ganti padahal kondisinya masih bagus.

Atau Di dalam nota tagihan dimasukkan pekerjaan yang tidak perlu tanpa konsumen mengetahui. Yang paling parah, menukar bagian asli mobil yang masih bagus dengan komponen palsu. Sehingga sangat memberatkan pelanggan dan berpotensi membuat kinerja mobil menjadi menurun akibat dari hal ini.

Lalu, apa saja pokok yang harus dimengerti? Untuk memilih bengkel mobil berkualitas anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Mekanik Profesional dan Bersertifikat

Hal ini sangat penting karena mekanik menjadi pihak yang bersentuhan langsung dengan kendaraan pelanggan. Sebagai yang memiliki mobil, anda berhak melihat kualitas tenaga kerja montir di bengkel tersebut.

Baca Juga :  Alamat Bengkel Mobil Terlengkap di Kolonedale

Bengkel yang mempunyai reputasi terbaik, pada umumnya akan menunjukkan informasi perkara teknisi mereka. Supaya potensi kesalahan dalam proses pemeliharaan perawatan, anda harus meminimalisirnya dengan memilih teknisi berpengalaman karena sangat penting sekali.

2. Menerapkan SOP dan Quality Control

Poin ini berlaku bagi manajemen bengkel itu sendiri. Bengkel yang bagus lazimnya memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang harus dipatuhi pegawainya ketika menangani kendaraan konsumen. Lihat Juga Bengkel Mobil Panggilan Terdekat

Dengan adanya penerapan Quality Control dari kepatuhan SOP yang ada ditujukan untuk memastikan kinerja montir dan pegawai bengkel apakah sudah sesuai dengan ketetapan yang diterapkan atau belum.

3. Keaslian Suku Cadang

Selain teknisi dan sistem manajemen, poin selanjutnya melekat cara memilih bengkel mobil terbaik yang harus dipahami adalah kelengkapan dan keaslian suku cadang yang disediakan oleh bengkel.

Pada bengkel resmi biasanya selalu memberikan dan menawarkan part asli sewaktu kendaraan pelanggan memerlukan penggantian suku cadang.

Terlepas dari apakah perawatan tersebut dilakukan di bengkel resmi atau umum, pemilik mobil harus memastikan part yang dibelinya merupakan suku cadang asli dan bukan KW atau palsu. Kinerja mobil anda bisa saja berkurang sewaktu diganti dengan suku cadang palsu walaupun harganya jauh lebih murah dari suku cadang asli.

4. Bengkel Ramai Bisa Menjadi Indikasi

Umumnya, bengkel mobil bagus dan berkualitas akan dipadati oleh banyak pelanggan, lebih-lebih sewaktu hari libur. Disebabkan poin itu bisa menjadi isyarat bahwa kemungkinan bengkel tersebut mempunyai popularitas bagus meskipun belum tentu ada jaminannya.

5. Jadikan Bengkel Resmi Sebagai Acuan

Bengkel resmi bisa menjadi pilihan anda paling baik agar terhindar dari bengkel mobil abal-abal. Disebabkan sudah memegang kontrak dengan Agen Tunggal Pemegang Merk (APTM) dari sang produsen, maka bengkel resmi tentu saja sudah menyiapkan suku cadang serta montir profesional.

Dengan begitu mobil kesayangan anda akan mempunyai kinerja bagus akibat dari suku cadang mobil asli yang harganya lebih mahal, namun budget tersebut akan sebanding dengan kepuasan.

Adapun pada prinsipnya, sewaktu pemilik mobil melakukan pemeliharaan rutin di bengkel maka anda harus mengeluarkan ongkos untuk dua hal yakni biaya jasa dan biaya sparepart. Pada pembelian mobil baru, konsumen umumnya masih tidak dibebankan ongkos jasa setidaknya selama tiga tahun atau 50.000 km (mana yang mencapai lebih dulu).

Tetapi apabila anda membeli mobil bekas, bonus gratis biaya jasa tersebut mungkin sudah hangus atau sudah terpakai oleh pemilik sebelumnya sehingga anda harus menyiapkan biaya ekstra.

Sebab itu, pastikan anda sudah memilih bengkel dengan memenuhi tiga pokok penting di atas mengingat biaya pemeliharaan mobil cukup merogoh saku sangat dalam.

FASILITAS BENGKEL MOBIL di Kepulauan Sangihe

1. Tune Up

Mobil Anda tidak bertenaga/loyo? atau bahan bakar boros? atau saat dipakai jarak dekat kondisinya sudah tidak nyaman? untuk mengembalikan kemampuan mesin anda adalah dengan Tune Up dan saat inilah waktunya.

Tune Up dapat mengembalikan kondisi kendaraan menjadi fit lagi, mengapa bisa begitu? Dikarenakan pada saat tune up kondisinya sudah terlalu banyak kotoran maka dari itu harus dibersihkan atau diganti di bagian filter udara dan filter bensin/solar, busi, klep, timing belt, karburator.

2. Overhoule / Turun Mesin

Jangan sampai salah langkah dan menentukan keputusan saat mobil turun mesin atau servis besar. Terutama pas ada tawaran langsung dari bengkel. Harus mengerti terlebih dahulu pemilik kendaraan tentang patokan dasar mengapa mesti turun mesin. Maksudnya, dikarenakan turun mesin anggarannya tidak sedikit, itu yang menjadi problem.

Baca Juga :  Alamat Bengkel Mobil Terdekat di Luwu Timur

Ciri yang umumnya muncul ialah tiba-tiba asap ngebul sewaktu kendaraan dijalankan, selain itu bisa jadi ada cacat ketika kendaraan melakukan servis rutin, dan faktor umur pakai kendaraan juga bisa membuat sparepart rusak.

Pelanggan harus mengetahui sejumlah hal sewaktu membuka mesin, antara lain cek sekitar ruang bakar, semisal tidak ditemukan setelah lepas blok, pastinya membelah mesin. Mungkin saja karena usia pakai bearing crankshaft sudah lama dan menyebabkan kerusakan.

Berikut bermacam indikasi untuk mengetahui kapan waktunya harus membongkar mesin:

Pertama adalah putaran mesin seperti tertahan alias berat. Saat gas ditarik mesin tidak mau diajak berakselerasi. Bila sudah seperti ini, tangan jadi gampang pegal atau lebih-lebih kapalan.

Berarti pasokan bahan bakar tidak mengalir maksimal keruang bakar. Di silinder head kemungkinan ada penumpukan kerak. Bersihkan kepala silinder dari kerak. Sementara klep harus diskir.

Lazimya mesin susah hidup di pagi hari atau saat pertama menghidupkan karena itu memang tanda-tandanya. Sebelum mesin hidup ini menjadi indikasi awalnya. Setelah hidup, masalah yang muncul akan sama seperti di atas.

Ada asap dari knalpot. Selain muncul asap, ada juga gejala lain yakni kompresi bocor dan mesin juga susah diajak lelet dan sering mati sendiri. Blebek…blebek… Dengan dirunut penyakitnya problem kayak gini bisa diatasi. Ring piston mesti ganti disebabkan usia, paking blok silinder rusak, atau sil klep bocor lantaran sobek.

3. Ganti Oli

Untuk menjalani fungsinya oli dikembangkan dan dirancang sesuai keperluan tertentu pada part mobil. Oli sendiri tugasnya terbagi-bagi dalam beberapa jenis. Ada 5 jenis oli pada mobil yang sudah seharusnya rutin dan di cek untuk segera diganti dengan oli baru, yakni :

a. Oli Mesin

Oli mineral, semi sintetik dan full sintetik, oli mesin terbagi menjadi tiga jenis itu. Oli berbahan minyak bumi (based oil) ialah oli mineral untuk oli semi sintetik ialah oli yang terbuat dari perpaduan antara oli mineral serta sintetik, sedangkan oli yang lebih tahan lama didalam mesin mobil yaitu oli full sintetik dibuat dari bahan murni oli sintetik yang memang sudah dirancang.

Untuk iklim indonesia yang berada di wilayah tropis memakai 15W-30 sampai 20W/50 sedangkan mutu atau kualitas disimbolkan oleh API (American Petroleum Institute), ditandai dengan huruf besar, itu untuk penggunaan kekentalan oli mesin telah ditentukan dengan SAE (Society Automotive Engineers). Untuk jenis mobil bensin biasanya memakai huruf S (service/spark) sedangkan pada solar menggunakan huruf C (comercial).

Oli mesin lazimnya diganti dengan mengukur dari jarak tempuh per kilometer mobil. Oli mineral dapat digunakan maksimal hingga 7000 km dan oli sintetik dapat dipakai sampai 10.000 km, akan tetapi sebaiknya melakukan penggantian oli yang telah ditentukan oleh pihak pabrikan atau ATPM yaitu umumnya 5000 km, agar kondisi mesin tetap kuat.

Belum termasuk jasa penggantian harga oli mobil per ukuran galon yang ada di toko sekitar antara Rp. 115.000 hingga Rp. 300.000. Jadi menyiapkan jadwal rutin mengganti oli mesin mobil sebelum sparepart mesin mengalami kerusakan, caranya dengan menulis kilometer awal sewaktu mengganti oli yang baru.

b. Oli Transmisi

Dalam transmisi kendaraan penggunaan oli juga dipakai. Ada dua jenis oli transmisi yakni untuk transmisi manual dan matik, fungsinya pun tentu berbeda anda harus mengenal ini. Pemakaian oli transmisi manual dapat dipakai hingga 10.000 km belum termasuk dalam keadaan macet atau tiap enam bulan sekali itu artinya oli bisa dipakai sampai sejauh 10.000 km dalam kondisi jalan.

Baca Juga :  Alamat Bengkel Mobil Terbaik di Mamuju

Berdeda dengan oli transmisi, baiknya melakukan penggantian setiap kelipatan 20.000 km itu pada oli khusus matic. Bincang soal harga oli transmisi yang saat ini ialah berkisar Rp. 30.000 sampai Rp. 60.000 untuk transmisi manual, sedangkan harga oli untuk transmisi matik sekitar Rp. 70.000 sampai Rp. 250.000.

c. Oli Gardan

Gantilah oli gardan secara berkala setiap 20.000 km, dan gunakan nilai kekentalan pelumas sesuai yang dianjurkan pembuat kendaraan secara umum penggantian oli gardan lazimnya dilakukan bersama-sama dengan oli transmisi. Ditoko harga oli gardan adalah berkisar Rp. 30.000 sampai Rp. 60.000.

d. Oli / Minyak Rem

Minyak rem ini juga ada tingkatannya seperti halnya SAE dan API yang dinyatakan dalam satuan DOT (Department Of Transportation) ini juga seperti oli mesin. DOT ialah angka titik didih dari minyak rem dalam menghambat panas akibat pengereman, apabila kemampuan meredam panasnya kecil maka nilai DOTnya rendah.

Umumnya minyak rem DOT 3 yang umum dipakai untuk transportasi harian, sementara DOT yang tinggi seperti DOT 5 dipakai untuk kendaraan perlombaan.

Di pasaran ada DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Makin tinggi angka DOT-nya, makin rentan terhadap masa pakai. Jika grade-nya DOT 3, tidak ada masalah pada masa untuk sistem rem, minyak rem itu harus diganti minimum setelah kendaraan dipakai setahun. Kalau DOT-nya lebih tinggi, DOT 5 misalnya, maka waktu penggantiannya dapat lebih cepat.

e. Oli Power Steering

Pada sparepart power steering tak luput dari penggunaan oli. Ini sebagai pompa hidrolik sehingga meringankan pengguna kendaraan mobil untuk menggerakan pengendali stir mobil maka dipakailah oli pada bagian power steering.

Penggantiannya kira-kira sama dengan penggantian minyak rem untuk oli pada power steering. Pada setiap 25.000 km lazimnya dilaksanakan penggantian atau berkisar dua tahun dari pemakaian awal mobil. Harga oli yang ada di toko adalah sekitar Rp. 30.000 sampai Rp. 70.000.

4. Pasang / Service AC mobil

Pemasangan baru atau second AC Mobil, Single/Double Blower, Service AC Mobil, Perbaikan instalasi AC mobil dengan menggunakan sparepart bermerk. Untuk setiap service dan pemasangan biasanya akan diberi `GARANSI`.

5. Pemasangan Audio Mobil

Bengkel Mobil Kepulauan Sangihe menerima pemasangan, instalasi, pembelian, service segala jenis audio mobil. Supaya anda merasa puas dengan hasil kinerja bengkel, pihak bengkel akan memberikan komponen yang terbaik karena kepuasan anda merupakan kebanggan untuk bengkel mobil. Walaupun memiliki kualitas terbaik, untuk soal harga Bengkel Mobil Kepulauan Sangihe akan memberikan harga yang cukup bersaing untuk anda.

6. Penjualan Komponen Mobil

Penjualan spearpat mobil yang disediakan adalah toyota, suzuki, daihatsu, dan merk mobil lainnya dari mulai parfum kendaraan, spion, stir mobil, lampu, wifer, condensor, busi, filter oli, filter udara, oli mesin, oli gardan, air radiator, dsb.

KESIMPULAN

Itulah beberapa referensi Bengkel Mobil Kepulauan Sangihe yang bisa kami berikan kepada anda, serta juga tips-tips bagaimana cara memilih bengkel mobil terbaik dan layanan-layanan yang diberikan pada pihak bengkel. Semoga informasi ini bermanfaat.